STRATEGI KOMUNIKASI PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN KEIMANAN MUALLAF KALORAN, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH

Penulis

  • Mukti Ali Fakultas Dakwah IAIN Salatiga
  • Susi Ratna Sari Fakultas Dakwah UIN Salatiga ,
  • Reza Ahmadiansah Fakultas Dakwah UIN Salatiga ,
  • Win Listyaningrum Arifin Fakultas Dakwah UIN Salatiga ,

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v35i2.608

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi; Penyuluh Agama Islam; Keimanan; Muallaf

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah penyuluh agama Islam dalam upaya mempertahankan nilai-nilai keimanan muallaf di Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) jumlah muallaf pada tahun 2019 lalu mencapai 37 orang. Sementara pada tahun 2020 jumlah muallaf di Kecamatan Kaloran mengalami peningkatan yaitu sebanyak 43 muallaf yang bersyahadat di KUA Kecamatan Kaloran. Sedangkan untuk jumlah muallaf di Desa Getas sendiri terdapat 10 muallaf berdasarkan piagam Islam yang diperolehnya. Melihat kondisi muallaf yang tergolong masih labil tingkat keimananya, maka dibutuhkan suatu strategi yang khusus untuk melakukan pendampingan kepada muallaf. 2) Strategi dakwah yang digunakan penyuluh agama Islam di Desa Getas yaitu mendirikan majelis taklim khusus untuk binaan muallaf. 3) Mendirikan Rumah Belajar Anak (RBA). 4) Memberikan motivasi kepada muallaf dengan menggunakan metode dakwah bil-lisan dan bil-hal. 5) Penguatan ekonomi muallaf mandiri melalui program (M.Tri).

Referensi

Abdullah M. Q., & Mubarak, D. F. 2019. Strategi Dakwah dalam Merawat Pluralitas di Kalangan Remaja. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 19(2), 177-198. doi: https://doi.org/10.15575/anida.v19i2.7589

Abdullah, M. Q. 2019. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: CV Penerbit Qiara Media.

Ahmadiansah, R. 2019. Model Dakwah dalam Pelayanan Pasien. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 215-242. DOI:10.18326/ijip.v1i2.215-242.

Aziz, M. A. 2017. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Fahrudin, W. 2020. Pemberdayaan Muallaf Perspektif Fikih Zakat; Studi Pemberdayaan Badan Amil Zakat Nasional. Jurnal IQTISAD: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 7 (2), 181-197. doi: 10.31942/iq.

Frimayanti, A. I. 2017. Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227-247. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Ginanjar. M. H., Yasykur. M., & Maya. R. (2019). Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Dan Kemandirian Abh (Studi Kasus Di LPKA Kelas 1 Tangerang). Jurnal PENAMAS, 32(2), 325–340. DOI: https://doi.org/10.31330/penamas.v32i2.279

Gunawan, R., & Muhid, A. (2022). The Strategy Of Da’wah Bil Hal Communication: Literature Review. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 14(1), 33-50. https://doi.org/10.20414/jurkom.v14i1.5270

Hamdani, M. 2020. Strategi Da’wah Penyuluh Agama Dalam Pembinaan Masyarakat:(Studi Analisis Strategi Penyuluh Agama di Kemenag Kab. Bireuen). Jurnal An-Nasyru, 7(1), 1-17. https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jian/article/view/170

Haryati, A. (2018). Personal Integrity of Islamic Counselor on Professional Ethics Commitment. Islamic Guidance and Counseling Journal, 1(1), 11-16. https://doi.org/10.25217/igcj.v1i1.191

Hasan, M. 2013. Metodologi Pengembangan Ilmu Dakwah. Surabaya: CV. Pena Salsabila.

Hatta, M. 2019. Implementasi Isi atau Materi Pendidikan (Iman, Islam, Ihsan, Amal Shaleh, dan Islah). IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 2 (1), 12-25. DOI: 10.24014/ijiem.v2i1.7121.

Hayati, U. 2017. Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah dan Perilaku Sosial. Jurnal INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication, 2(2), 175-192. doi:10. 18326/inject. v2i2. 175-192.

Hidayat, R. 2019. Peran Penyuluh Agama Dalam Kehidupan Beragama Guna Meningkatkan Keluarga Sakinah (Study Kasus Pada Majelis Ta’lim Al-Muhajirin Sukarame II Bandar Lampung). MHJDCS: Mau'idhoh Hasanah Journal of Da'wah and Communication Studies, 1(1), 92-108. doi:10.47902/mauidhoh.v1i1.35.

Jeumpa, N. 2017. Nilai-Nilai Agama Islam. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 4(2), 101-112. doi: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i2.564

Johari, F., Ab Aziz, M. R., & Ali, A. F. M. (2014). The role of zakat in reducing poverty and income inequality among new convert (muallaf) in Selangor, Malaysia. Online Journal of Research in Islamic Studies, 1(3), 43-56. doi:10.15364/ris14-0103-04

Johari, F., Aziz, M. R. A., Ibrahim, M. F., & Ali, A. F. M. (2014). Zakat distribution and programme for sustaining Muallaf Belief and Thought. Sains Humanika, 66(1). DOI:10.11113/JT.V66.1940

Mazid, S., Rumawi, R., Prabowo, W., & Hakim, S. 2021. Peran Penyuluh Agama Islam Dalam Pelayanan Pembangunan Mental Spiritual Masyarakat di Era Pandemi Covid 19. Journal of Public Administration and Local Governance, 5(1), 76-89. doi: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v5i1.3859

Muhdhori, H. 2017. Treatmen Dan Kondisi Psikologis Muallaf. Jurnal Edukasi Bimbingan Konseling, 3(1), 16-39. doi:10.22373/je.v3i1.1412.

Muslih, M., Rohman, A., Ahmad, A., & Saifullah, A. 2021. Sunan Kalijaga’s Da'wah Strategy in Suluk Linglung and Its Implication to Indonesian Radicalism Movement. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 23(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v23i1.11672

Noorbani, M. A. (2016). Penyelenggaraan Kepenyuluhan Agama Islam Non-PNS di Kota Depok. Jurnal PENAMAS, 29(1), 151 – 168. View of Penyelenggaraan Kepenyuluhan Agama Islam Non-Pns Di Kota Depok (kemenag.go.id)

Novianti, L., Hidayat, S. 2020. Model Penanaman Nilai Keimanan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Madrasah Diniyah Miftahurrahman Kabupaten Cilacap. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 243-252. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25622

Noviza, Neni. 2013. “Bimbingan Konseling Holistik Untuk Membantu Penyesuain Diri Mualaf Tionghoa Mesjid Muhammad Chengho Palembangâ€. Wardah 14(2), 199-215. DOI: https://doi.org/10.19109/wardah.v14i2.341

Rahayu, S. U. 2019. Muallaf Dalam Perspektif Alquran. Al-I'jaz: Jurnal Kewahyuan Islam, 5(2), 92-115. doi: http://dx.doi.org/10.30821/al-i'jaz.v5i2.5789

Rahmat, P. S. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Rohman, D. A. & Nugraha, F. 2017. Menjadi Penyuluh Agama Profesional Analisis Teoritis dan Praktis. Bandung: Lekkas.

Shodiq. 2017. Mengukur Keimanan: Konstrak Teoritik dan Pengembangan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Simanjuntak, B. A., & Sosrodihardjo, S. 2014. Metode Penelitian Sosial (Edisi Revisi). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sudarmo, Fatiyah. (2019). Konversi Dan Diskriminasi Terhadap Mualaf Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jurnal PENAMAS, 32(2), 373-384. DOI: https://doi.org/10.31330/penamas.v32i2.320

Taufiqukhroman. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta: Universitas Moetopo Beragama.

Umar, J. 2015. Peranan Nilai Sosial Dalam Pengembangan Pendidikan Umum. Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam, 5 (2): 1-18. doi:10.21274/taalum.2014.2.1.101-113.

Yam, J. H. 2020. Manajemen Strategi Konsep & Implementasi. Makassar: CV Nas Media Pustaka.

Yudha, A. E. P., & Setiyowati. E. (2016). Muallaf Center Design as an Implementation of Psycological and Economical Effect for Muallaf in Malaysia. Journal of Islamic Architecture, 4(1), 37-43. http://dx.doi.org/10.18860/jia.v4i1.3466

Zein, N. A. 2018. Tajdid Nikah Pada Pasangan Muallaf (Analisa Perspektif Al-Istishab). Banda Aceh: Jurusan Hukum Keluarga UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5786/

Diterbitkan

2022-12-27

Cara Mengutip

STRATEGI KOMUNIKASI PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN KEIMANAN MUALLAF KALORAN, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH. (2022). Penamas, 35(2), 155-170. https://doi.org/10.31330/penamas.v35i2.608