DESIGNING A VIRTUAL LABORATORY FOR DEVELOPING ISLAMIC JOURNALISM

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v36i1.671

Kata Kunci:

laboratory, virtual, practicum, news portal, journalism

Abstrak

Peningkatan keterampilan mahasiswa dapat diupayakan salah satunya dengan kegiatan praktikum. Praktikum jurnalistik dapat membantu mahasiswa memperoleh keterampilan yang dibutuhkan oleh industri media, seperti keterampilan sebagai jurnalis, editor, dan layouter. Namun, sejak awal Program Studi KPI UINSU belum memiliki laboratorium khususnya untuk mata kuliah jurnalistik online. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang laboratorium virtual berupa portal berita dan majalah online sebagai fasilitas praktikum bagi mahasiswa KPI UINSU. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan yang dimulai dari identifikasi masalah hingga pembuatan produk akhir berupa portal berita dan majalah online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain laboratorium virtual ini layak menurut ahli dan mendapat respons positif dari mahasiswa dimana sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa laboratorium virtual ini membantu mereka dalam berlatih jurnalistik yang dibutuhkan di industri media.

Referensi

Arnold, D. (2000). Computer Aided Instruction. On Line at http://autocww.colorado.edu

Blom, R., & Davenport, L. D. (2012). Searching for the core of journalism education: Program directors disagree on curriculum priorities. Journalism and Mass Communication Educator, 67(1), 70–86. https://doi.org/10.1177/1077695811428885

Chan, C. (2009). Evaluating learning experiences in virtual laboratory training through student perceptions: a case study in Electrical and Electronic Engineering at the University of Hong Kong. Journal of the Higher Education Academy Engineering Subject Centre, 4(2), 10. On Line at www.engin education.htm

Djamarah, S. B. dan A. Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Domingues L etc. (2010). Rocha I, Dourado F, Alves M & Ferreira EC. 2010. Virtual laboratorios in (bio) chemical engineering education. Journal Education for Chemical Engineers, 5, 22–227. On Line at www.elsevier.com

Emha, H. (2002). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. PT Remaja Posdayakarya.

Hidayati, N. (2012). Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang.

Huang, C. (2004). Virtual Labs: E-Learning untuk besok. Jurnal Plos Biology, 2(6), 157.

Jaya, Hendra, E. a. (2020). Praktek Simulasi Berbasis Websit. Edukasi Mitra Grafika.

Jian, B. D. & B. E. (2005). Development of a virtual laboratory experiment for biology. European Journal of Open, Distance and E-Learning, 1(195), 1–8.

Koesmaji, W, D. (2004). Teknik Laboratorium. Bandung.

Krisdiana, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Matakuliah Statistika Dasar dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sain, 4(1), 61–65.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1).

Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana.

Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 02(1), 52–64.

Puspita, R. (2008). Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab Pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008) Auditorium Universitas Gunadarma. Universitas Gunadarma.

Riadi, D. (2016). Ekstrakurikuler Jurnalistik Berbasis Kecerdasan Majemuk sebagai Media Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kongres Bahasa Indonesia.

Riyadi, A. (2019). Desain Pengembangan Laboratorium Dakwah: Studi Kasus UIN.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Suyatna. (2009). Efektifitas Penggunaan Software Platetec pada Pembelajaran Dinamika Bumi.

Wao, F., Romano, A., & Hardin, M. (2020). Best Practices in Assessment in Journalism Programs. Journalism and Mass Communication Educator, 75(1), 52–57. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1077695820903205

Zysman., E. (1997). Multimedia virtual lab in electronics. Proceedings, international conference on Microelectronics System Education. IEEE.

Diterbitkan

2023-06-26

Cara Mengutip

DESIGNING A VIRTUAL LABORATORY FOR DEVELOPING ISLAMIC JOURNALISM. (2023). Penamas, 36(1), 141-162. https://doi.org/10.31330/penamas.v36i1.671