PENGARUH ARTIS HIJRAH TERHADAP PERUBAHAN DIRI FOLLOWERS INSTAGRAM @KAJIANMUSAWARAH
DOI:
https://doi.org/10.31330/penamas.v34i1.411Keywords:
Phenomenon, Hijrah Artist, Positive Change, Followers Instagram @kajianmusawarah, Followers Instagram @kajianmusawarah, Perubahan Diri, Artis Hijrah, FenomenaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh hijrah artis terhadap perubahan diri followers Instagram @kajianmusawarah. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara online, penyebaran angket secara online, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah followers Instagram @kajianmusawarah. Hasil penelitian ini menyimpulkan: pertama, bahwa banyak dari penggemar terpengaruh terhadap hijrahnya para artis. Hal tersebut ditunjukkan dari hijrahnya para artis yang menjadi suatu fenomena baru yang dapat mendorong seseorang untuk berhijrah. Kedua, Pengaruh hijrah para artis terhadap penggemar tersebut dapat dilihat dari perubahan diri penggemar yang cenderung ke arah positif dalam bentuk perubahan diri. Ketiga, berdasarkan teori George Herbert Mead menyatakan bahwa diri berkembang melalui dua tahap yaitu seseorang menginternalisasikan sikap orang lain terhadap dirinya, dan menginternalisasikan norma masyarakat. Perubahan penggemar tersebut berupa penampilan, pemikiran beragama, dan sikap sosial. Hal tersebut disesuaikan dengan teori dari Andi Hikmawati Yunus yang mengatakan bahwa pada umumnya hijrah dimaknai dengan tiga perubahan yang terjadi dalam dirinya, yaitu gaya berpakaian (penampilan), perilaku (sikap sosial), dan peningkatan dalam pengetahuan agama (pemikiran beragama).
References
Amna, A. (2019). Hijrah Artis Sebagai Komodifikasi Agama. Sosiologi Reflektif.
Fahdmaya. (2019). Hijrah Aja Dulu. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Firmansyah, F. A. (2019). Dinamika Psikologi Pada Pemuda Yang Berhijrah.
Firmansyah, R., Faiza, A., & Pratiwi, D. Y. (2020). Terimakasih Masa Lalu, Selamat Datang Masa Depan. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Hootsuite, W. A. (2019). Digital 2019.
Indriyani, S. (2020, April 17). Wawancara Followers Instagram @kajianmusawarah. (A. A. Istigfarin, Interviewer)
Ismaya, F. (2020, April 17). Wawancara Followers Instagram @kajianmusawarah. (A. A. Istigfarin, Interviewer)
Jayantri, M. (2015). Pengaruh Pengidolaan Dai Seleb di Televisi Terhadap Sikap Sosial Remaja Kelas XI SMK NU 02 Rowosari, Kendal.
Jazuli, A. S. (2006). Hijrah dalam Pandangan Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.
Khairani, A. N. (2020, April 17). Wawancara Followers Instagram @kajianmusawarah. (A. A. Istigfarin, Interviewer)
Lestari, H. D., & Nusarini. (2017). Gaya Bahasa Artis dalam Media Sosial. Caraka.
Muhammad, A. A. (2004). Strategi Hijrah: Prinsip-Prinsip dan Ilmiah Tuhan. Solo: Tida Serangkai.
Muharram, A. T. (2020, Mei 21). Wawancara Followers Instagram @kajianmusawarah. (A. A. Istigfarin, Interviewer)
Nurcahya, B. S. (2020, Mei 21). Wawancara followers instagram @kajianmusawarah. (A. A. Istigfarin, Interviewer)
Pengembangan, B., & Bahasa, P. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: CV Adi Perkasa.
Rifa, M. (2018). Fenomena Hijrah Di Kalangan Para Artis (Studi Kasus Anggota Pengajian Musawarah).
Sari, I. B. (2019). Pengaruh Artis Endorser Terhadap Minat Membeli Shampoo Rejoice di Lingkungan SMA Muhammadiyah II Yogyakarta.
Setiawan, E., Ismi, F., Wulandari, W., & Salsabila, I. (2017). Makna Hijrah pada Mahasiswa Fikom Unisba di Komunitas Akun Line @DakwahIslam. Jurnal MediaTor.
Suyanto, B. (2011). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Syukur, Y., & Putranto, T. (2020). Muslim 4.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Yunus, A. H. (2019). Hijrah:Pemaknaan dan Alasan Mentransformasikan diri Secara Spritual di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Emik.
Zaini, A. (2013). Dakwah melalui Internet. Al-Tabsyir.