MODEL PENDIDIKAN MUALLAF (STUDI KASUS: PESANTREN PEMBINAAN MUALLAF YAYASAN AN-NABA CENTER INDONESIA)

Authors

  • Sapiudin Sapiudin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ,
  • Hidayatus Syarifah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ,

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.497

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Muallaf, Pesantren Muallaf, Pesantren Muallaf, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan untuk muallaf belum memiliki model pembelajaran yang efektif. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan model pendidikan muallaf melalui sistem pembelajaran pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-naturalistik. Melalui triangulasi teknik pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan temuan penelitian bahwa model pembelajaran PAI di pesantren muallaf sudah memiliki konsep pembelajaran komplementer,yang memadukan sistem pembelajaran konvensional dan modern. Santri yang berumur lintas usia mendapatkan pembinaan untuk menempuh pendidikan dengan pendekatan multi metode berbasis scientific dengan tambahan hidden kurikulum berupa ilmu kristologi dan muḥaá¸arah. Dengan sistem penilaian yang membebaskan nilai rapor, pembelajaran dinilai berjalan efektif dan menghasilkan output sesuai harapan, yakni terbinanya pengembangan kompetensi santri dan lulusan yang kompeten.

Published

2021-07-23

How to Cite

MODEL PENDIDIKAN MUALLAF (STUDI KASUS: PESANTREN PEMBINAAN MUALLAF YAYASAN AN-NABA CENTER INDONESIA). (2021). Penamas, 31(1), 83-106. https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.497