MUTU RAUDHATUL ATHFAL DI KOTA JAMBI DALAM PERSPEKTIF STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31330/penamas.v30i2.126Keywords:
Quality, Raudhatul Athfal, PAUD Standard, Jambi CityAbstract
Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang Mutu Raudhatul Athfal (RA) dalam Perspektif Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Jambi. RA adalah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang berada di jalur formal sederajat dengan Taman Kanak-Kanak (TK). Sebagai satuan pendidikan formal, RA dituntut memenuhi standar pendidikan sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang selanjutnya disempurnakan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2013. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif selama 25 hari dengan teknik penggalian data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sejumlah temuan penting dari penelitian ini antara lain: (1) RA sasaran penelitian sebagian besar sudah memenuhi standar PAUD, kecuali pada aspek standar tingkat pencapaian perkembangan, standar proses dan standar sarana prasarana; (2) Komunikasi efektif antara guru dan orangtua siswa serta profesionalisme tenaga pendidik merupakan faktor pendukung keberlangsungan RA, sedangkan keterbatasan sarana dan prasarana serta ketiadaan RA Negeri yang berfungsi sebagai model atau pembina merupakan salah satu kendala di lapangan untuk meningkatkan mutu RA, dan; (3) Model pemilihan guru dan kepala RA berprestasi yang dilakukan Kementerian Agama merupakan bagian dari usaha memacu guru untuk meningkatkan kinerjanya yang perlu dipertahankan.
Kata Kunci: Mutu, Raudhatul Athfal, Standar PAUD, dan Kota Jambi
References
Azra, Azyumardi. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokrasi. Jakarta: Kompas.
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.
Direktorat Pendidikan Madrasah. 2007. Kurikulum Raudlatul Athfal. Jakarta; Direktorat Jenderal pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Fuad, Nurhattati. 2012. “Kebutuhan Masyarakat Akan PAUD Berciri Khas Islam”. Dalam, Jurnal Penamas, No. 2: 259-262.
Hastuti, Dwi. 2015. “Penanamana Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini di RA Tahfidz Al-Qur’an Jamilurrahman Banguntapan Bantul”. Tesis, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Husaini, Adian. 2017. Reformasi Pendidikan Menuju Negara Adidaya 2045. Depok: Pesantren At-Taqwa.
Makbulloh, Deden. 2011. Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhammedi. 2017. "Peran Raudhatul Athfal (RA) dalam Membina Generasi Islam yang Berkarakter". Dalam, Jurnal Raudhah, No.1: 1-20.
Nata, Abudin. 2003. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Noorlaila, Iva. 2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln (Eds). 1994. Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks, California: SAGE Publications.
Profil RA Dharma Wanita, 2014.
Profil RA Iqra Sabila, 2014.
Profil RA Nururrahmah, 2014.
Ritrianti, Saranti Donita. 2014. “Manajemen Lembaga Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) Siwi Karimah Desa Blulukan, Kec. Colomadu, Kab. Karang Anyar Jawa Tengah”. Tesis, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Rohani, Siti. 2012. Makalah. Disampaikan pada acara seminar hasil penelitian PAUD yang dilaksanakan Balai Litbang Agama Jakarta pada 24 Oktober di Hotel Horison Bekasi.
Saepudin, Juju. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Sakato. Jakarta: Media Dakwah.
-----. 2015. "Problematika Pencapaian Akreditasi pada Madrasah Aliyah di Provinsi Kepulauan Riau". Dalam, Jurnal Penamas, Nomor 1, 59-74.
Shaleh, Abdul Rahman. 2004. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Solehuddin. 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, FIP IKIP.
Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Widodo, Erna dan Mukhtar. 2000. Konsruksi ke Arah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Avirouz.
Zahroh, Luluk Atirotu. 2014. "Peningkatan Profesionalisme Guru Raudhatul Athfal". Dalam, Jurnal Ta’allum, Nomor 1: 114-126.
Peraturan Perundang-Undangan:
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Peratuaran Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.