EVALUASI DAMPAK PROGRAM DIKLAT GURU MUDA MADRASAH TERHADAP KINERJA MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.31330/penamas.v30i3.201Keywords:
Impact evaluation, training program, alumni performance, Madrasah performanceAbstract
Artikel ini mempresentasikan hasil evaluasi tentang dampak program pelatihan Teknis Fungsional Guru Muda Madrasah Terhadap Kinerja Alumni dan Madrasah. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan secara rutin melaksanakan pendidikan dan pelatihan teknis Guru Muda Madrasah. Namun belum ada kajian tentang dampaknya terhadap alumninya dan madrasah. Penelitian ini menggunakan model Kirkpatrick Level Result yang dimodifikasi dan menggunakan metode gabungan (mixed method), yaitu metode studi kasus dan survei. Penelitian ini dilakukan di 58 Madrasah dengan 518 responden yang terdiri dari: alumni peserta pelatihan, teman sejawat alumni, dan Kepala Madrasah.Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara angket dengan skala Likert, observasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alumni pendidikan dan pelatihan mampu menyusun perangkat pembelajaran dengan lengkap sesuai regulasi yang berlaku, melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar dan menyusun serta melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik, menjamin kualitas perencanaan, menyelesaikan pekerjaan rutin, memecahkan masalah, meningkatkan hubungan kerja dan kerjasama, mengimplementasi hasil Diklat, menerima dan memberi saran, sehingga Pendidikan dan Pelatihan Teknis Guru Muda Madrasah berdampak signifikan terhadap kinerja alumni dan kinerja madrasah.
Kata Kunci: Evaluasi dampak, program Diklat, kinerja alumni, dan kinerja madrasah
References
Arikunto,Suharsimi dan Cepi Safruddin, Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman
Teoritis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Campbell Hill, Bonnie dan Cyinthia Ruptic. 1994. Pactical Aspects of Authentic Assessment. Michigan:
Christophr-Gordon Pubishers, Inc.
Djaali dan Puji Mulyono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Donal L Kirkpatrikck and James D. Kirkpatrick. 2005. Evaluating Training Programs: The Four Levels.
Third Edition. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers Inc.
Fitzpatrick, Jody L, Blaine R. Worthen, dan James R. Sanders. 2004. Program Evaluation: Alternative
Approaches and Practical Guidelines. Boston: Person Education.
Gronlund, Norman E dan Robert L. Linn. 1990. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Mac
Milan Publishing Company.
Kusnadi. 2003. Masalah, Kerja Sama, Konflik dan Kinerja. Malang: Taroda.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan
Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Michael J. Gibney, et al. 2005. Gizi Kesehatan Masyarakat. Pen. Andry Hartono. Jakarta: Penerbit Buku
Kedokteran EGC.
Owen, John M. 1993. Program Evaluation: Froms and Approaches. Sidney: Soutthwood Press.
Popham, W. James. 1995. Educational Evaluation. New Jersey: Printice Hall.
Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Robert E, Stake. 2004. Standards-Based & Responsive Evaluation. California: Sage Publications.
Spaulding, Dean T. Program. 2008. Evaluation in Practice: Core Consepts and Examples for Discussion
and Analysis. San Francisco: Joseey Wiley & Sons, Inc.
Stufflebeam, Daniel L. 2003. Internasional Handbook of Education. Boston: Published by Kluwer
Academic Publishers.
Suharsimi, Arikunto, dan Cepi Safruddin, Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman
Teoritis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi: Untuk Program Pendidikan
dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Jurnal:
Harshit Topno. 2012. “Evaluation of Training and Development: An Analysis of Various Model”. In, Jornal
of Business and Management ISSN: 2278-487X, Volume 5, Issue 2: 16-17.
Niazi, Abdus Sattar. 2011. “Training Development Strategy and Its Role In Organizational Performance”.
In, Journal of Public Administration and Governance ISSN 2161-7104, 2011. Vol 1 No. 2.
Sultana, Afshan. 2011. “Impact of Training on Employee Performance: a Study of Telecomunication Sector
in Pakistan”. In, Interdiciplinary Journal of Contemporary Research in Business, Vol. 4, No. 6.
Yuksel, Ismail. 2012. “How to Conduct a Qualitative Program Evaluation In The Ligh of Eisner’s Educational
Connoisseur Ship and Criticism Model”. In, Journal of Qualitative Inquiry.
Badan Litbang dan Diklat. 2013. Panduan Evaluasi Diklat Teknis di Lingkungan Kementerian Agama.
Jakarta: Badan Litbang dan Diklat.
Peraturan Perundang-Undangan:
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan
Jabatan Pegawai Negeri Sipil.
Peraturan Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan
Teknis di Lingkungan Kementerian Agama.
Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013, sebagaimana diubah dengan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan
Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang
Standar Penilaian Pendidikan.
Internet :
Google. 2005. “Evaluasi Dampak Diklat Second Professional Human Resources Development Project
(PHRDP II)” Bantuan JBIC IP 458, diakses 7 Februari2016. http://rccphttp://rccp.blogspot.
com/2005/03/evaluasi-dampak-Diklat-second.html