STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN AKHLAK DAN KEMANDIRIAN ABH (STUDI KASUS DI LPKA KELAS 1 TANGERANG)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v32i2.279

Abstract

Fenomena anak pelaku tindak kejahatan atau anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) cukup mengkhawatirkan. Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan, 5,9 juta anak Indonesia pecandu narkoba dan berbuat kriminal. Faktor pendorong kriminal di kalangan anak di antaranya karena kurang pembinaan, faktor ekonomi, dan terpengaruh teman. ABH dalam sistem peradilan memiliki masalah berupa tekanan mental selama masa tahanan. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangatlah penting, karena diyakini dapat memperbaiki akhlak dan kemandirian ABH. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI dalam meningkatkan akhlak dan kemandirian ABH di LPKA Kelas 1 Tangerang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PAI LPKA Kelas 1 Tangerang cukup efektif dalam meningkatkan akhlak dan kemandirian ABH melalui serangkaian tahapan, antara lain: (1) perencanaan strategi berdasarkan penetapan tujuan yang ingin dicapai; (2) metode pendekatan personal antara pendidik dan peserta didik; dan (3) metode pembelajaran disesuaikan kebutuhan. Indikator keberhasilan pembelajaran PAI ditandai oleh adanya perubahan perilaku ABH. Strategi meningkatkan akhlak dengan cara pembelajaran PAI yang tepat melalui pendekatan dialogis kejiwaan, keteladanan, dan pengkajian Islam sebagai upaya memberi pemahaman agama sesuai psikologis serta latar belakang sosial. Keberhasilan pelaksanaan strategi pembelajaran PAI ditunjang oleh kompetensi para pembina LPKA dan faktor penunjang lainnya, diantaranya: fasilitas pendidikan yang memadai seperti masjid, perpustakaan, kerjasama pihak ketiga berupa penyelenggaran program keagamaan yang variatif seperti pesantren kilat, kajian, dan ceramah agama. Strategi meningkatkan kemandirian dilakukan melalui berbagai pelatihan bekerjasama dengan pihak ketiga, antaralain: keterampilan otomotif, sablon, batako, menjahit, tata boga, laundry, perkebunan, pertanian, dan lainnya.

Key words: strategi pembelajaran, PAI, akhlak, kemandirian ABH

References

Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ansor, A.S, dan Muttahidah. 2016. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Fajar Media Press.
Baharun, Hasan. 2006. Managemen Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren, Tesis Pasca Sarjana Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Buseri, Kamrani. 2003. Ontologi Pendidikan Islam dan Dakwah. Yogyakarta: UII Press.
Danim, Sudarwan. 2010. Paedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.
Darajat, Zakiah. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta, Bulan Bintang.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djumransjah, 2007. Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.
Kementerian Agama RI. 2016. Panduan Organisasi Pengelola Zakat. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Direktorat Pemberdayaan Zakat, Kementerian Agama.
Khozin. 2013. Khazanah Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Qomar, Mujammil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Syafaat, Aat, Sahrani, Sohari & Muslih. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sofa, Akhmad. 2009. Pengertian dan Hakikat Strategi Pendidikan Agama Islam PAI dalam Muh. Sya’roni (ed.) Kapita Selekta Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Yogyakarta: Idea Press.
Suharti, Atiyah. Model Pembelajaran Emosional Inquiry pada Orang Dewasa di Balai Keagamaan Diklat Keagamaan Bandung, Jurnal PENAMAS: Jurnal Penelitian Keagamaan, Vol.31, No. 1, Januari-Juni 2018.
Suharsaputra, Uhar. 2015. Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Wahab, Rochidin. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mewarnai Kualitas Pendidikan di Sekolah. JURNAL KEPENDIDIKAN: Penelitian Inovasi Pembelajaran, UNY. Vol. 41, No. 2, November 2011. e-ISSN : 25805533 | p-ISSN : 25805533.
Yamin, Martinus. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada.
Zuhairini dan Ghafur, Abdul. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: Universitas Malang.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN AKHLAK DAN KEMANDIRIAN ABH (STUDI KASUS DI LPKA KELAS 1 TANGERANG). (2019). Penamas, 32(2), 325-340. https://doi.org/10.31330/penamas.v32i2.279