KAOS DAKWAH: WACANA KESALEHAN, PASAR ISLAM, DAN IDEOLOGI ISLAM

Authors

  • Eko Saputra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v32i1.297

Keywords:

Kaos Dakwah, piety, Market Islam, Islamic ideology.

Abstract

Abstrak

Gerakan dakwah Islam menjadi kajian yang menarik untuk selalu dibahas. Pasca Soeharto 1998, gerakan dakwah di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat signifikan di berbagai ruang publik. Seperti kampus, sekolah, rumah ibadah dan media sosial. Hal ini disebabkan keran demokrasi semakin terbuka lebar, sehingga aktor dakwah semakin leluasa mengekspresikan gerakan Islam ke ruang publik dengan caranya sendiri. Menariknya, gerakan dakwah di Indonesia selalu menampilkan cara baru bagaimana aktivitas dakwah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Tulisan ini ingin menelisik tentang bagaimana gerakan dakwah berbasis pasar Islam dilakukan oleh Rafa Muslim Fashion, bagian dari Rafa Group sebagai pusat publikasi terbesar Jaringan Islam (JI) di Solo. Penulis berargumen bahwa gerakan dakwah berbasis pasar Islam yang dilakukan oleh Rafa Muslim Fashion membentuk praktik kesalehan, pasar Islam dan ideologi Islam. Tulisan ini penting dibahas untuk melihat bagaimana gerakan dakwah berbasis pasar Islam dilakukan. Sebelumnya, para sarjana masih belum banyak membahas tentang bagaimana gerakan dakwah berorientasi pada pasar Islam. Hasil dari setudi ini menunjukan bahwa kemunculan gerakan dakwah berbasis pasar Islam sebagai alternatif gerakan dakwah baru membentuk kesalehan, persaingan pasar, dan ideologi keislaman.

Kata Kunci: kaos dakwah, kesalehan, pasar Islam, ideologi Islam.

References

Buku:
Arnez, Monika. 2009. “Dakwah by Pen.” In Indonesia and Malay World. London: Routledge Taylor & Prancis. 37-41.
Azra, Azyumardi. 2004. The Original of Islamic Reformism in Southeast Asia. Honolulu: Alen and Unwin and the University of Hawaii Perss.
Azzam, Abdullah. 2013. Tarbiyah Jihadiyah. Solo: Jaera.
Azzis. 2018. “Sedekah Jalanan: WacanaKedermawanan Islam, Dakwah dan Media Sosial di Indonesia.” dalam Sunarwoto. Islam: Antara Teks, Kuasa dan Identitas. Yogyakarta: Arti Bumi Intara.
Bull, Ronald Lukens. 2008. “Commodification of Religoin and the ‘Religification’ of Commodifities: Youth Cultural and Religion Identity,” in Pattana Kitiarsa. Religious Commodificaution In Asia: Marketing Good. USA and Canada: Routledge.
Han, Muhammad Ibtissam. 2018. “Ustadz Hits, Bahasa Gaul dan Media Effect.” dalam Sunarwoto. Islam: Antara Teks, Kuasa dan Identitas. Yogyakarta: Arti Bumi Intara. 163-182.
Hasan, Noorhaidi. 2018. “Menuju Islamisme Populer,” dalam Noorhaidi Hasan, dkk. Literatur Keisalaman Generasi Milenial Transmisi, Apropriasi, dan Kontestasi. Yogyakarta: Suka Perss. 1-29.
. 2018. “Gagalnya Jihadisme di Kalangan Generasi Milenials,” dalam Noorhaidi Hasan, dkk. Literatur Keisalaman Generasi Milenial Transmisi, Apropriasi, dan Kontestasi. Yogyakarta: Suka Perss. 267-280.
. 2006. Laskar Jihad, Islam, Militancy, and Quest for Identity in Post-New Order Indonesia. New York: Cornel Southeast Asia Program.
Ikhwan, Munirul. 2018. “Produksi Wacana Islam di Indonesia Revitalisasi Islam Publik dan Politik Muslim” dalam Noorhaidi Hasan, dkk. Literatur Keisalaman Generasi Milenial Transmisi, Apropriasi, dan Kontestasi. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Perss. 109-142.
Jannah, Imas Lu’ul. 2018. “Kontestasi Makna Hijab dalam Ruang Media Sosial Instagram.” dalam Sunarwoto. Islam: Antara Teks, Kuasa dan Identitas. Yogyakarta: Arti Bumi Intara. 137-162.
Muzakki, Akh. 2008. “Islam as a Symbolic Commondity: Transmitting and Consumming Islam Throught Public Sermons in Indonesia,” in Pattana Kitiarsa. Religious Commodificaution In Asia: Marketing Good. USA and Canada: Routledge. 205-219.
Rosyad, R. 2006. A Quest for True Islam: Study of The Islamic Resurgence Movement Among the Youth in Bandung, Indonesia. Camberra: ANU E Press.
Rusdi. “Sudah, Ta’aruf Saja! Fakta di Balik AntusiasmeMahasiswa Muslim Mengikuti Kajian Ta’aruf,” dalam Noorhaidi Hasan, dkk. Literatur Keisalaman Generasi Milenial Transmisi, Apropriasi, dan Kontestasi. Yogyakarta: Suka Perss. 183-204.
Saleh, Ibrahim. 2012. “Islam Televangelism: The Salafi Window to Their Paradise,” in Pradip Ninan Thomas Philip Lee. Global and Local Televangelism. New York: Palgrave Macmillan.
Salvatore, Armando & Dale F. Eickelman. 2004. “Public Islam and the Common Good.” Public Ilsam and the Common Good, ed. Almando Salvatore & Dale F. Eickelman. Leiden & Basto: Brill.
Shihab, M Quraish. 2004. Jilbab: Pakaian Wanita Muslim. Jakarta: Lentera Hati.
Wiktorowicz, Quintan. 2006. Anatomi of the Salafi Movement. Washington DC., USA: Routledge Taylor and Francis Gropu.
Jurnal:
Burnessen, Martin Van. 1990. “Kitab Kuning: Books in Arabic Script Used in the Pesantren Milieum,” Bridge tot de Taal-, Land-ed Volkenkunde 146, no. 2/3): 226-269.
Indonesia: Jemaah Islamiyah’s Publising Industri. Asia Report N 147. International Crisis Group Working to Prevent Conflict Worldwide. 1-21.
Kailani, Najib. 2011. ‘Kepanikan Moral dan Dakwah Islam Populer (Membaca Fenomena ‘Rohis’ di Indonesia).” Analisis 11, no. 1: 1-16.
Nisa, Eva F. 2013. “The Internet Subcultur of Indonesia Face-Veiled Woman.” International Journal of Cultural Studies 16, no. 3: 241-255.
Sunarwoto. 2012. “Radio Fatwa: Islamic Tanya-Jawab Programmes on Radio Dakwah.” Al-Jami’ah 50, no. 2: 239-278.
Sunesti, Yuyun, Hasan Hoorhaidi, dkk. 2018. “Young Salafi-Niqabi and Hijrah Agency and Identitu Negotiation.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Society 8, no. 2: 173-197.
Triantoro, Dony Arung. 2018. “Dakwah Kesalehan: Studi Tentang Gerakan Teras Dakwah di Kota Yogyakarta.” Jurnal Masyarakat dan Budaya 20, no. 2: 273-286.
Majalah:
Majalah Islam An-Najah: Menegakkan Kalimat Islam. 2011 Menegakkan Kalimat Islam 2011. “Jihad Ala Munafik.” Solo: Forum Studi Islam (FSI) An-Najah Surakarta.
, Edisi 97. No. 11/VIII/Desember. 2013. “Revolusi Timur Tengah: Tangga Menuju Khilafah.”. Kartasura: Pena Ummah.
. 2011. “Jihad Ala Munafik.” Edisi 67. No. 07/VI/April/2011. Solo: Forum Studi Islam (FSI) An-Najah Surakarta.
. 2017. “Munafiq Kontemporer: Benalu Kebangkitan Islam.” Edisi 137. No. 01/XII/Februari/2017. Sukoharjo: Pena Ummah.
, Edisi 125. No. 03/XI/April. 2016. “Istiqamah di Akhir Jaman.”. Sukoharjo: Pena Ummah.
Majalah Islam al-risalah: Menata Hati menyentuh Ruhani. Edisi 187. No. 168/XVIII/Januari. 2017. “Rugi Berat Karena Siasat Jahat.” Sukoharjo: Pena Ummah.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

KAOS DAKWAH: WACANA KESALEHAN, PASAR ISLAM, DAN IDEOLOGI ISLAM. (2019). Penamas, 32(1), 519-538. https://doi.org/10.31330/penamas.v32i1.297