PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN GARUT

Authors

  • Juju Saepudin

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v32i2.351

Keywords:

Pemanfaatan,, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran Keterampilan, MAN 1 Kabupaten Garut

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Garut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil survey Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta tahun 2017 yang menunjukkan bahwa sebagian besar Madrasah Aliyah sudah memiliki perangkat dasar TIK, namun kompetensi guru dalam memanfaatkan TIK pada aspek pedagogik paling rendah. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: pertama pemanfataan TIK pada pembelajaran keterampilan di MAN 1 Garut terintegrasi ke dalam persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Kedua, faktor pendukung pemanfatan TIK di MAN 1 Garut antara lain: 1) guru keterampilan yang kreatif dan penuh dedikasi, 2) input siswa yang bagus karena memakai sistem seleksi,  dan 3) dukungan dari kepala madrasah berupa anjuran untuk melek teknologi, karena bagian dari peningkatan mutu pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jumlah rombongan belajar yang terlalu gemuk untuk ukuran kelas keterampilan dan akses internet yang lambat dan kuota terbatas di ruang keterampilan. Ketiga, daya ubah TIK terhadap sistem pendidikan di MAN 1 Garut terlihat dalam pembelajaran yang semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning, sehingga bisa memudahkan proses pendidikan yang sulit diatasi dengan cara-cara konvensional

References

Adelsberger, H. H., Kishuk, Pawloski, J. M., & Sampson, D. G. 2008. Handbook on Information Technologies for Education and Training (Edisi Kedua). Heidelberg: Springer-Verlag.
Alam, Rudy Harisyah. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Pendidikan Guru, dan Blended Learning. Makalah, Program Magister Agama dan Masyarakat: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anastasiades, Panagiotes & Zaranis, Nicholas. 2009. Researchone-Learning and ICT in Education. Jurnal Of University of Crete Rethymno, Crete Greece. Vol 2, no 8, hal 25.
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2010. Media pembelajaran: Perencanaannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depag RI, 2003. Pedoman Penyelenggaraan Program Ketrampilan Madrasah Aliyah Jakarta: Dirjen Pendis.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara.
Hartoyo. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Bahasa. Semarang: Pelita Insani.
Husaini, Usman. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), h. 66.
Indrajit, R. Eko dan R. Dojokopranoto. 2007. Managemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta: Andi.
Law, Nancy; Pelgrum, Willem J & Plomp, Tjeerd. 2006. Pedagogy and Ict Use In Schools Around The World Findings From The Iea Sites 2006 Study. Jurnal Of Hong Kong’s University. Vol 42, no 6, hal 125.
Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook, 2nd Edition. Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan CV. Alfabeta.
--------, 2014. Kerangka Kompetensi TIK Bagi Guru. Bandung: Alfabeta.
http://www.man1garut.sch.id/profil.php?id=profil&kode=12, diunduh pada tanggal 23 Pebruari 2018.
Pannen, P., Yunus, M., & Prakoso, T. 2003. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Indonesia. Makalah, Kongres Bahasa Indonesia VIII, Pusat Bahasa, Jakarta, 14-17 Oktober 2003.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 64 Tahun 2014 tentang Peminatan Pada Pendidikan Menengah
Rahman, Naaruddin. 2009. Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2015 – 2019.
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Schemerhorn, John R. 2010. Induction to Management, Asia: Sons (Asia) Pte Ltd.
Shoffa, Shoffan. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMR pada Pokok Bahasan Jajar Genjang dan Belah Ketupat. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.
Tim Pendidikan, 2017. Kompetensi Teknologi Dan Informasi Komunikasi Guru Madrasah Aliyah di DKI dan Jawa Barat, Jakarta: Balai Litbang Agama Jakarta.
Webster, L. & Murphy, D. 2008. Enhancing Learning through Technology: Challenges and Responses. Alam R. Kwan, R. Fox, F. T. Chan, & P. Tsang Ed.), Enhancing Learning through Technology: Research on Emerging Technologies and Pedagogies, 1-16. Singapore: World Scientific.
Uno, Hamzah B. 2011. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN GARUT. (2019). Penamas, 32(2), 249-266. https://doi.org/10.31330/penamas.v32i2.351