SISTEM PENGASUHAN SANTRI PADA PESANTREN DARUL MUTTAQIN PARUNG BOGOR

Authors

  • Achmad Dudin Dasir Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat
  • Munawiroh Munawiroh Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v33i1.372

Keywords:

Kata Kunci: Pola Pengasuhan, Santri, Pesantren Darul Muttaqin Parung Bogor.

Abstract

Abstract
This paper is the result of the author's research in 2019. The background of this study is the actual issue of the strategic patterns of parenting of students to be considered. The purpose of this study is to determine the pattern of parenting of students in the Darul Muttaqin boarding school in Bogor. Data and information obtained through this qualitative research are the result of the thoughts of caregivers, religious teachers, managers, experts and related officials as well as an analysis of parenting patterns of students in Darul Muttaqin Islamic boarding school in Bogor. From the results of this study several things are suggested, namely: Islamic boarding schools need to optimize the implementation of the guidance and supervision of students continuously so as to create a child-friendly boarding school; pesantren need to create awareness of students to obey, obey the rules and discipline that apply; boarding schools need to intensively establish cooperation between teachers, parents and related parties in overseeing the development of student learning and the existence in boarding schools; and people who entrust their children's education in pesantren should be able to trust and be more confident in the pesantren's parenting patterns.

References

DAFTAR PUSTAKA


Ahmad Syahid (edt), Pesantren dan Pengembangan EkonomiUmat,(Depag dan INCIS, 2002)
Akhmad Sudrajat, Tugas pokok pengawas sekolah/satuan pendidikan, sumber: https://akhmadsudrajat. wordpress.com /2008/04/08/ tugas-pokok-fungsi-hak-dan-wewenang-pengawas-sekolahsatuan-pendidikan/, diunduh 15 Januari 2020.
Arief Subhan,Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad Ke-20: Pergumulan Antara Modernisasi Dan Identitas,(Jakarta: Kencana, 2012)
Baumrin, D. (2002). Prototypical Descriptions of 3 Parenting Styles.(Online).Tersedia http://www.decpsy.org/teaching/parent/bumrind/parenting/styles.pdf.
Bayu Rohmat Nurkholid Pranata, model komunikasi pengasuhpondok pesantren dalam membentuk akhlak santri ditinjau dari perspektif dakwah( studi di pondok pesantren al munirsukoharjo pringsewu), Sumber: http://repository. radenintan.ac.id/3876/1/SKRIPSI%20BAYU.pdf., diunduh 5 Jnuari 2020
Djamarah, Bahri Syaiful. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta, 2005)
Khoirul Ihwanudin, Peran Pesantren Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat, (Pon-Pes Al-Hidayah, 2011)
M. Naquib Al-Attas dalam Yasmadi,Modernisasi Pesantren (Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional),(Jakarta : Ciputat Prees, 2002)
Mahmud. Heri Gunawan dan Yuyun Yulianingsih, Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga, (Jakarta: Akademi Pertmata, 2013)
Mamiq Gaza, Bijak Menghukum Siswa(Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)
Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, (Jakarta: INIS, 1994)
Nikmah Sofia Afiati, Kualitas Kehidupan Sekolah Dan Disiplin Pada Santri Asrama Pondok Pesantren, Sumber: File:///C:/Users/Dasirp~1/Appdata/Local/Temp/630-1587-1-Pb.Pdf., Diunduh 3 Januari 2020.
Nikmah Sofia Afiati, Kualitas Kehidupan Sekolah Dan Disiplin Pada Santri Asrama Pondok Pesantren, Sumber: File:///C:/Users/Dasirp~1/Appdata/Local/Temp/630-1587-1-Pb.Pdf., Diunduh 3 Januari 2020.
Republika, Kamis 01 Mar 2018 03:35 WIB, Pendirian Pesantren Secara Bebas Lemahkan Akreditasi, Sumber: https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/03/01/p4vnqh414-pendirian-pesantren-secara-bebas-lemahkan-akreditasi
Sardiman, Intraksi dan Motivasi Pembelajaran(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011)
Shochib, Moh.. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak. Mengembangkan Disiplin Diri. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998)
Sri Lestari, Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga, (Jakarta: Prenada Media Group, 2012)
Steenbrink, Karel, A. 1984,, Beberapa Aspek Tentang Islam di Indonesia Abad ke 19, (Jakarta, Bulan Bintang, 1984)
Sumber: Alwi, 2019: http://m-alwi.com/pondok-pesantren-darul-muttaqien-parung-bogor.html, diunduh 19 Nopember 2019
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Tim Redaksi Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT. Gramedia, 2013), Cet. 9, hlm. 1088
Wahyuningrum, Sely (2019) Pengaruh Sistem Bina Keluarga Balita (BKB) terhadap pengembangan pola asuh orang tua : Studi deskriptif di Desa Margaasih Kecamatan Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Sumber: http://digilib.uinsgd.ac.id/27181/, diakses 7 Desember 2019
Y. Roestiyah NK, Didaktik Metode (Jakarta: BumiAksara, 2005).
Zama khsyari Dhofier, Tradisi Pesantren : Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa depan Indonesia, (Jakarta : LP3ES, Cet. VIII, 2011)
Zizousari dan Yuna Chan, Working Mom is Super Mom, bagaimana Membagi Antara Keluarga dan Karier, (Yogyakarta: Trans Idea Publishing, 2016)

Downloads

Published

2020-08-08

How to Cite

SISTEM PENGASUHAN SANTRI PADA PESANTREN DARUL MUTTAQIN PARUNG BOGOR. (2020). Penamas, 33(1), 153-174. https://doi.org/10.31330/penamas.v33i1.372