MODEL-MODEL PENDIDIDIKAN ISLAM DALAM MERESPON ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v33i1.377

Keywords:

Model Pendidikan Islam, Era Revolusi Industri 4.0, Klaus Schwab, Muhammad Abduh

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 telah melahirkan perubahan yang radikal. Banyak lapangan pekerjaan yang digantikan oleh mesin pintar. Artificial intelligence [AI]), Internet of Things (IoT), dan lain-lain akan merubah wajah masa depan umat manusia. Semua itu merupakan tantangan pendidikan, sebelum tantangan ekonomi dan industri. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik era ini dan model pendidikan Islam yang tepat untuk menyikapinya. Metode yang digunakan adalah Content Analysis dan Hermeneutika. Content Analysis dipergunakan untuk menggali pemikiran Klaus Schwab dan Muhammad Abduh. Sementara itu, Hermeneutika dipergunakan untuk mendialogkan gagasan-gagasan pendidikan Islam Abduh dengan realitas era revolusi industri 4.0. Hasilnya, ditemukan ada lima karakteristik era revolusi industri 4.0, yaitu: perubahan tatatan kehidupan, disrupsi, digitalisasi, tantangan agama, dan problem akhlak. Muhammad Abduh telah menyikapi semua persoalan itu sehingga gagasan-gagasannya cocok untuk dikembangkan sebagai model pendidikan Islam dalam menyikapi era 4.0. Ada lima model dalam hal ini, yaitu: model pendidikan eksistensialistik untuk menyikapi perubahan tatatan kehidupan, model pendidikan disruptif untuk menyikapi fenomena disrupsi, model pendidikan bercorak teknologi untuk menyikapi digitalisasi, model pendidikan esensialistik untuk menyikapi tantangan agama, dan model pendidikan profetik untuk menyikapi problem akhlak.

References

Ahmad, Ibn Hambal. (tt). Musnad al-Imam Ahmad bin Hambal. Mesir: Muassasah Qurthubah
Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail. (1987). Al-Jami al-Shahih al-Mukhtashar. Bairut: Dar Ibn Katsir
Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail. (1989). Al-Adab al-Mufrad. Bairut: Dar al-Basyair al-Islamiyah
Al-Ghazali, Muhammad bin Muhammad. (tt). Ihya Ulumuddin. Bairut: Dar al-Makrifah
Al-Sam’ani, Abul Muzaffar Mansur bin Muhammad. (1997). Qawathi al-Adillati fi al-Ushul. Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah
Al-Syahrostani, Muhammad bin Abdul Karim. (1404). Al-Milal wa al-Nihal. Bairut: Dar al-Ma’rifah
Al-Tirmizi, Muhamamd bin Isa. (tt). Al-Jami al-Shahih Sunan al-Tirmizi. Bairut: Dar Ihya al-Turats al-Islami
Angkupi, Prima. (2014). Kejahatan Melalui Media Sosial Elektronik Di Indonesia Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan Saat Ini. Jurnal Mikrotik, vol. 2, No. 1
Asmayani, Dianti. (2014). Model Pembelajaran Inquiry Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Negeri Tebing Tinggi Empat Lawang, Ta’dib, Vol. XIX, No. 01, Edisi Juni 2014
Helaluddin. (2018). Restrukturisasi Pendidikan Berbasis Budaya: Penerapan Teori Esensialisme Di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 6, No. 2, Juli 2018
https://bincangsyariah.com/headline/uni-emirat-arab-meluncurkan-aplikasi-mufti-virtual/
Ibn Hamdun, Muhammad bin al-Hasan. (1996). Al-Tadzkirah al-Hamudiyah. Bairut: Dar Shadir
Ibn Qayim, Muhammad bin Abi Bakar. (1973). I’lam al-Muaqi’in an Rabbi al-Alamin. Bairut: Dar Jail
Ibn Qayim, Muhammad bin Abi Bakar. (1973). Madariju al-Salikin baina Manazili Iyyaka Na’budu wa Iyyaka Nastain. Bairut: Dar al-Kitab al-Arabi
Ibn Qayim, Muhammad bin Abi Bakar. (1975). Igatsatu al-Luhfan min Mashaidi al-Syaithan. Bairut: Dar al-Ma’rifah
Imarah, Muhammad (Ed.). (1993). Al-A’mal al-Kamilah li al-Imam al-Syaikh Muhammad Abduh. Cairo: Dar Syuruq
Juliani, Retno Djohar. (2012). Model, Pendekatan, dan Teknik Supervisi Pendidikan Di Perguruan Tinggi, Jurnal Universitas Padjadjaran
Kasali, Rhenald. (2017). Disruption. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Munir, Misnal. (2011). Pengaruh Filsafat Nietzsche Terhadap Perkembangan Filsafat Barat Kontemporer. Jurnal Filsafat Vol.21, Nomor 2, Agustus 2011
Nasyar, Ali Syami. (tt). Nasya’atu al-Fikri al-Falsafi fi al-Islam. Cairo: Dar al-Ma’arif
Nata, Abuddin. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Conciencia: Jurnal Pendidikan Islam
Prasetyo, Anang. Juwita, Ratna. Sulistiyowati, Lela Foni. (2019). Pengelolaan Kurikulum. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Rahadi, Dedi Rianto. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Universitas Merdeka Malang, vol. 5, No. 1
Rahman, Arif (Ed.). (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Depok: Komojoyo Press
Rakhim, Rizki Trianto at all. (2019. Literasi Digital. Jakarta: Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Rido, Al-Sayid Muhammad Rasyid (Ed.). (2006). Tarikh al-Ustadz al-Imam al-Syaikh Muhammad Abduh. Cairo: Dar al-Fadilah
Schwab, Klaus. (2019). Revolusi Industri Keempat. Terj. Farah Diena dan Andi Tarigan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Suwithi, Ni Wayan. (2019). Pengembangan Kewirausahaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Thoha, Anis Malik. (2005). Tren Pluralisme Agama: Tinjauan Kritis. Depok: Perspektif
Wajdi, Muhammad Farid. (tt). Al-Islam fi Ashril Ilmi, Beirut: Dar Kitab Arabi
World Economic Forum. (2015). Deep Shift –Technology Tipping Points and Societal Impact, Global Agenda Council on the Future of Software & Society, Survey Report, September 2015

Downloads

Published

2020-08-08

How to Cite

MODEL-MODEL PENDIDIDIKAN ISLAM DALAM MERESPON ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. (2020). Penamas, 33(1), 25-38. https://doi.org/10.31330/penamas.v33i1.377