PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SUKABUMI

Authors

  • Nur Alia
  • Nursalamah Siagian Balai Litbang Agama Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v33i1.378

Keywords:

Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran, Perangkat TIK

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus, yang difokuskan pada bagaimana pemanfaatan TIK secara keseluruhan di MAN 1 Sukabumi, serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di MAN 1 Sukabumi umumnya masih terbatas pada pemanfaatan LCD proyektor sebagai media pembelajaran oleh sebagian kecil guru. Mata pelajaran yang memanfaatkan media tersebut didominasi oleh mata pelajaran non PAI. Sementara untuk mata pelajaran yang masuk dalam rumpun PAI masih sangat minim dalam penggunaan LCD proyektor. Selain itu, pemanfaatan lainnya terlihat dalam penugasan yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan Microsoft word, power point, dan movie maker. Termasuk didalamnya adalah penelusuran informasi atau sumber belajar yang diakses melalui internet. Selain untuk pembelajaran, TIK juga dimanfaatkan untuk perpustakaan meskipun belum optimal. Perpustakaan baru sebatas menggunakan microsoft excel untuk katalogisasi dan sirkulasi peminjaman.  Faktor pendukung pemanfaatan TIK di MAN 1 Sukabumi adalah kebijakan madrasah yang membolehkan penggunaan HP dan laptop di dalam kelas. Hal itu tentunya berpengaruh terhadap kemudahan siswa dalam mengakses internet sebagai salah satu sumber belajar. Sementara kendala yang dapat diidentifikasi terutama terkait kemampuan dasar TIK pada sebagian guru dan siswa yang masih relatif rendah. Kendala lainnya adalah keterbatasan perangkat TIK yang difasilitasi oleh madrasah, terutama akses internet, serta perangkat TIK lainnya.

References

Alam, Rudy Harisyah. 2012. Makalah: Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.
Anderson, Jonathan. 2010. ICT Transforming Education: A Regional Guide. Bangkok: UNESCO.
Andita Faizatul, Bachrintania. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Di Sman 3 Yogyakarta. Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Anwar, Sumarsih, et.al. 2017. Laporan Hasil Survei Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Madrasah Aliyah di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Balai Litbang Agama Jakarta.
Azwar, Saifuddin. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chodzirin, M. 2016. Pemanfaatan Information and Communication Technology bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban. DIMAS – Volume 16, Nomor 2, November 2016.
Edy, H. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi: Bandung: Pustaka Setia.
Fattah, Mustamin. 2013. Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah se Kota Samarinda. FENOMENA, Volume V, No. 1, 2013.
Gunawan, Adi W. 2007. The Secret of Mindset. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Jalinus, Nizwardi. & Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Munir (ed). 2014. Kerangka Kompetensi TIK Bagi Guru. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Na’imah, Nur Jannatu, dkk. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No. 2, 2015, hlm 1566 – 1574.
Owen, Susanne. 2015. Evaluasi TIK dalam Pendidikan di Provinsi Papua. Jakarta: ACDP.
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ed. 2. Cet. 6. Jakarta: Rajawali Pers.
Saepudin, Juju. 2019. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Keterampilan dI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Garut. Jurnal Penamas. Volume 32, Nomor 2, Tahun 2019, 249 – 266.
Siahaan, Sudirman. 2009. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.
Yusri. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN 1 Dekai Kabupaten Yahukimo. Jurnal Ilmiah ILKOM, Volume 8 Nomor 1, April 2016.
Zubaidah, Siti. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Makalah Seminar Nasional Pendidikan. Kalimantan Barat: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Peraturan-peraturan:
Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.
Undang-undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 Tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Downloads

Published

2020-08-08

How to Cite

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SUKABUMI. (2020). Penamas, 33(1), 57-76. https://doi.org/10.31330/penamas.v33i1.378