ANALISIS PROGRAM STUDI MAGISTER PAI UIN IMAM BONJOL PADANG

Authors

  • Jejen Musfah Inning uin jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v33i2.384

Keywords:

S2 PAI, Kinerja Penelitian, Fasilitas Pembelajaran, SWOT.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengelolaan Prodi magister PAI di UIN Imam Bonjol Padang dengan fokus pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui metode studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian adalah pertama, kekuatan Prodi ada pada visi dan misi, dosen doktor dan profesor, biaya  murah, dan penjaminan mutu. Kedua, kelemahan Prodi ini adalah fasilitas pembelajaran seperti AC, buku referensi, karya dosen, satu ketua Prodi untuk tiga Prodi, kerjasama dosen lemah, dan tidak ada tindak lanjut evaluasi dosen. Ketiga, peluang perbaikan mutu bisa terjadi karena adanya akreditasi dan pembiayaan penelitian dari Kemenag dan internal kampus. Keempat, tantangan Prodi adalah peningkatan jumlah dan kualitas dosen dan fasilitas pembelajaran. Kelima, dosen bergelar doktor dan/atau berpangkat profesor bukan jaminan produktivitas menulis karya ilmiah. Keenam, kampus negeri bukan jaminan orientasi pada mutu pelayanan, pembelajaran, dan penelitian. 

References

Asmawi, M. Rosul. “Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggi”, Makara, Sosial Humaniora, Vol. 9, No. 2, Desember 2005, h. 66-71.
Bakhtiar, Amsal. “Workshop Penguatan Akademik Pascasarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)” di Hotel Swiss-Belinn Manyar, Surabaya. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, 3-5 Agustus 2015.
Djoko, Rchardus, dan Indrajit, Rchardus Eko. Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Jakarta: Atma Jaya dan Perbanas, 2004.
Fauzi, Ahmad. “Human Resource Management dalam Meningkatkan Mutu Dosen PTKIS”, At-Ta’lim, Volume 4, Nomor 1, Januari 2018, h. 21-34.
Fadzul, Siddiq. “Pendidikan Islam ASEAN dan Daya Saing Sumberdaya Manusia”, dalam Amsal Bakhtiar, dkk. 2017. Strengthening The Competitiveness of ASEAN Islamic Education Institutions, Jakarta: Puslitbang Penda Kemenag RI, h. 11-22.
Farooq, M.S., M. S. Akhtar, S.Zia Ullah, R.A. Memon. “Application of TQM in Education”, dalam Journal of Quality and Technology Management, Volume III, Issue I1, Dec 2007, h. 87-97.
Haqqi, Abdurrahman Raden Aji, “The Establishment of ASEAN Islamic Universities Network: An Appraisal”, dalam Amsal Bakhtiar, dkk. 2017. Strengthening The Competitiveness of ASEAN Islamic Education Institutions, Jakarta: Puslitbang Penda Kemenag RI, h. 305-317.
Khan, Uzma Rasool, Samreen Khan, Sania M. Aslam, Sana Mateen & Nawal Punhal, “Total Quality Management in Education”, dalam International Journal of Science and Business, Volume 2, Issue 2, 2018, h. 182-197.
Motwani, Jaideeep and Kumar, Ashok. “The need for implementing total quality management in education”, dalam International Journal of Educational Management, 11/3, 1997, h. 131–135.
Pascasarjana Imam Bonjol Padang. 2016. Kuisioner Evaluasi Pembelajaran.
Pascasarjana Imam Bonjol Padang. 2016. Jadwal Perkuliahan Semester Ganjil 2016/ 2017.
Pascasarjana Imam Bonjol Padang. 2016. Jadwal Perkuliahan Semester Ganjil 2017/ 2018.
Pascasarjana Imam Bonjol Padang. 2016. Jadwal Perkuliahan Semester Genap 2016/ 2017.
Pascasarjana Imam Bonjol Padang. 2016. Kuisioner Tingkat Kepuasaan Mahasiswa.
Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. Third Edition. London: Kogan Page Ltd, 2002.
Sanaky, Hujair A. H., “Permasalahan dan Penataan Pendidikan Islam Menuju Pendidikan yang Bermutu, ” El-Tarbawi, No. 1, Vol. 1, 2008, h. 83-97.
Sururin. Peta Peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam: Sebuah Kajian Awal. Jurnal At-Taqaddum,Volume 9, Nomor 1, Juli 2017, h. 95-112.
Sumardjoko, Bambang. “Faktor-faktor Determinan Peran Dosen dalam Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi”, Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th XXIX, No. 3, h. 294-310.
Terry, G.R. dan Franklin, S.G.. (2003). Principles of Management (Eight Edition). India: A.I.T.B.S. Publishers & Distributor.
Tim Penulis. 2017. Pedoman Akademik Pascasarjana Imam Bonjol Padang.
Tim Penulis. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tesis dan Disertasi. Cetakan Kelima.
Tim Penulis. 2017. Dokumen Kurikulum KKNI Prodi PAI UIN Imam Bonjol Padang.
Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Wani, Iftikhaar Ahmad dan Mehraj, Hakim Khalid. “Total Quality Management in Education: An Analysis”, dalam International Journal of Humanities and Social Science Invention, Volume 3, Issue 6, June 2014, h. 71-78.
Weihrich, H., dan Koontz, H. (2005). Management; A Global Perspective. Eleventh Edition. Singapore: McGraw Hill.

Wawancara
Afnibar, Dosen S2 PAI, 8 Juni 2018.
Awis Karni, Direktur Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Jumat, 11 Mei 2018.
Gusril Kenedi, Dosen S2 PAI, Rabu, 6 Juni 2018.
Melani, Mahasiswa S2 PAI, Jumat, 11 Mei 2018. 0852 7195 3310
Muhammad Kosim, Dosen S2 PAI, Jumat, 11 Mei 2018.
Rehani, Ketua Prodi S2 PAI, Jumat, 11 Mei 2018 dan Rabu, 6 Juni 2018.
Seriya Nofi, Kasubag Akademik, Jumat, 11 Mei 2018. 0852 7467 1240
Surya, Mahasiswa, Jumat, 8 Juni 2018.

Published

2020-12-31

How to Cite

ANALISIS PROGRAM STUDI MAGISTER PAI UIN IMAM BONJOL PADANG. (2020). Penamas, 33(2), 307-322. https://doi.org/10.31330/penamas.v33i2.384