PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) PAHANDUT PALANGKA RAYA

Authors

  • Sanasintani Pundeh Sanasintani Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v33i2.387

Keywords:

Pengawas sekolah, supervisi akademik, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan dan teknik program supervisi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pahandut Palangka Raya serta respons guru terhadap supervisi yang disusun dari pengawas sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif fenomenologis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu dengan kriteria kredibelitas dan konfirmabilitas.Hasil penelitian menemukan penyusunan program supervisi akademik dilakukan secara bersama-sama oleh pengawas madrasah dan guru PAI di sekolah umum dengan dikoordinir oleh koordinator pengawas. Teknik supervisi yang digunakan yaitu teknik kunjungan kelas, percakapan pribadi pengawas dengan guru dan rapat antara pengawas, kepala madrasah dan para guru. Pendekatan supervisi yang digunakan oleh pengawas sekolah antara lain: pendekatan ilmiah, pendekatan artistik dan pendekatan klinis. Respons guru sangat positif terhadap pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas.

References

Asyhari, M. Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Jepara. Tesis IAIN Walisongo Semarang.
Asniarny. 2019. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD di Kota Dumai”. Jurnal Pajar.Volume 3 Nomor 4 tahun 2019. Hal 763-771.
Creswell, J.W.2003. Research Design: Quantitative, and Mixed Method Approaches. London: SAGE Publication, Inc.
Depdiknas. 2004. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidian di Sekolah Dasar.Jakarta: Depdiknas-Ditjen Dikdasmen.
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2009. Dimensi Kompetensi Supervisi. Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kasniyah, Naniek. 2012. Tahapan Menentukan Informan dalam Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Kotten, Natsir B. 2011. “Supervisi Pengajaran Berwawasan Spiritual”. Jurnal JPP. Volume 18 Nomor 2. Hal 133-144.
Maleong, Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mantja, W. 2007. Profesionalisme Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Kumpulan Karya Tulis Terpublikasi. Malang: Elang Mas.
Maryono. 2011. Dasar-dasar dan Teknik Menjadi SupervisorPendidikan. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Messi, Wiwin Anggita Sari dan Murniyati. 2018.”Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal JMKSP. Volume 3 Nomor 1 tahun 2018. Hal. 114-125.
Muslim, Sri Banun.2010. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Mataram: Alfabeta.
Pangihutan. 2014. Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Pengawas PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di MAN 2 Medan. Tesis IAIN Sumatera Utara Medan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah.
Ramadhan,Ahmad. 2017. “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Majene”. Jurnal EST. Volume 3 Nomor 2tahun 2017.Hal.136-144.
Sagala, Syaiful.2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Soetopo, dkk. 2007. Evaluasi Program Supervisi Pendidikan. Kumpulan Materi Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah Menengah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK.
Sufiatun. 2015. Supervisi Akademik oleh Pengawas diMAN 2 Pontianak. Tesis Universitas Tanjungpura Pontianak.
Sugiyono. 2006. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-undang Republik Indonesia No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Published

2020-12-31

How to Cite

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) PAHANDUT PALANGKA RAYA. (2020). Penamas, 33(2), 293-306. https://doi.org/10.31330/penamas.v33i2.387