PEMBERDAYAAN JAMAAH MELALUI PENDIDIKAN LIFE SKILLS PADA MASJID AL-ANWAR GONDANG WONOSOBO

Authors

  • Saridudin Saridudin Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v34i1.396

Keywords:

mosque, life skills education, Empowering jamaah, Pemberdayaan Jamaah, masjid, Pendidikan life skills

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masjid di Indonesia yang memiliki fasilitas yang lengkap, namun pengelolaan fasilitas-fasilitas tersebut lebih banyak digunakan untuk menghasilkan income masjid semata, dan pemanfaatannya lebih cenderung pada aspek ibadah, sosial, pendidikan formal dan dakwah namun kurang memperhatikan pada pemberdayaan dan pelibatan jamaah dalam berbagai aspek apalagi dalam pendidikan life skills. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan pendidikan life skills yang diselenggarakan di Masjid Al-Anwar dan bagaimana pengaruhnya terhadap kondisi sosial ekonomi jamaah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa pendidikan life skills yang diajarkan dan ditransformasikan masjid Al-Anwar kepada jamaahnya diantaranya sinematografi, fotografi, desain grafis, keterampilan MC bahasa jawa (pranoto adicoro) dan pengolahan kopi dengan merek “Pereng Gantungâ€. Selain itu masjid juga membuat program Masjid Digital. Takmir menyediakan berbagai sarana seperti alat absen bagi jama'ah (fingerprint), penyala lampu otomatis (trigger), fasilitas wifi gratis dan website bagi jamaahnya. Hasil penelitian menyimpulkan, pertama, masjid Al-Anwar memfungsikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, dakwah dan pendidikan semata, tapi meluas pada pemberdayaan jamaah pada bidang life skills. Kedua, pendidikan life skills di Masjid Al-Anwar didukung beberapa faktor diantaranya inovasi pengurus Takmir yang masih relatif muda, dukungan tokoh masyarakat dan satu program yang unik dan menarik yaitu program masjid digital. Ketiga, Pendidikan life skills yang diselenggarakan di Masjid Al-Anwar berpengaruh terhadap beberapa hal diantaranya meningkatnya penghasilan ekonomi jamaah, meningkatnya jamaah yang datang ke masjid, menjadi media dakwah yang efektif bagi remaja dan terjalinnya silaturahmi antara jamaah dengan kalangan eksternal.

 

References

Anwar. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta.

Aisyah, S. (2013). Membangun Kekuatan Ekonomi Masjid (Studi Kasus Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang). Jurnal Syari’ah. Vol. II, No. II, Oktober 2013.

Akhadiyah, Desy D., Ulfatin Nurul dan Kusumaningrum, Desi Eri. 2019. Muatan Life Skills Dalam Kurikulum 2013 Dan Manajemen Pembelajarannya. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, Volume 2 Nomor 3 September 2019, Hal : 107-113.

Akhyaruddin, Khairuddin dan Nur Alhidayatillah. (2019). Peran Pengurus Dalam Memakmurkan Masjid Nurul Huda Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara. JRMDK Journal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, Vol. 1 No. 2, Mei 20191(2), 91–104.

Amrullah, Arif Zulfan dan Erianjoni.(2019). Fungsi Lain Masjid Raya Sumatera Barat Bagi Remaja di Kota Padang. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan Vol. 2 No. 3 Tahun 2019. DOI: http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v2i3.75

Aslati, et al. (2018). Pemberdayaan Remaja Berbasis Masjid (Studi Terhadap Remaja Masjid Di Labuh Baru Barat). Jurnal Masyarakat Madani ISSN: 2338-607X 1, Volume 3, Nomor 2, Desember 2018 1–11.

Auliyah, Robiatul. (2014). Studi Fenomenologi Peranan Manajemen Masjid At-Taqwa dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bangkalan. Jornal Studi Manajemen Vol. 8 No. 1 April 2014.

Budiyanto, Ekky Nur. (2019). Pengolahan Air Limbah Bekas Wudlu Untuk Usaha Bisnis Pemeliharaan Ikan Dengan Sistem Biofloc Dalam Rangka Program Pemberdayaan Ekonomi Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Keputih, Kec Sukolilo, Kota Surabaya. Jurnal Cakrawala Maritim. Vol 2 No 1, 2019.

Direktorat Jendral Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal, Penyelenggaraan Dan Tatacara Memperoleh Dana bantuan Operasional Program Pendidikan Kecakapan Hidup (Pkh). (Jakarta:Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2012)

Depdiknas, Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill), (Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas,. 2004)

Depdiknas, Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education), (Jakarta: Tim Broad-Based Education, 2002).

Depdiknas, Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pen-didikan Kecakapan Hidup (Pendidikan Menengah), (Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat kurikulum, 2007).

Depdiknas. 2007. Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup (Pendidikan Menengah). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Dewi, Rita S. (2019). Pemberdayaan Masjid di Indonesia dalam Perspektif Intitutional Building. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), Vol 5, No 1, pp 7-16, 2019

Mawardi, Imam. 2012. Pendidikan Life Skill Berbasis Budaya Nilai-Nilai Islami. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

D.E. Brolin, Life Centered Career Education: A Competency Based Approach, Reston, VA: The Council for Exceptional Children, “Life skills constitute a continuum of knowledge and aptitude that are necessary for a person to function effectively and to avoild interruptions of employement experience”, 1989.

Gusnita, Eerlina dan Rahardi, Teddi R. (2020) peranan masjid dalam pendidkan Islam masyarakat Pulau Penyengat. Tanjak: Jounal of Education and Teaching, Vol. 1, No. 1, 2020

Hadiwijaya, D., & Hadiwijaya, A. (2019). Pendidikan Vocational Skills. Jurnal THORIQOTUNA, 2(1), 68-87. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/120.

Ihsan, Hasan M, dan Fachrurazy.(2019). Pemberdayaan Ekonomi Masjid Melalui Pengelolaan Dana Umat Di Masjid Kapal Munzalan Mubarakan. QUS-QAZAH Journal of Islamic Economics, Vol 1, No 1 December 2019

Ikhwan, A. (2013). Optimalisasi Peran Masjid Dalam Pendidikan Anak : Perspektif Makro Dan Mikro, Jurnal Edukasi, Volume 0 1, Nomor 01, Juni 2013: 001- 016.

Khairiyah, Ummu.(2017). Melatihkan Life Skills Melalui Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017.

Kurniati Sari, Nove .(2020). Penerapan Maqashid Syariah Dalam Manajemen Masjid (Studi Deskriptif Masjid Raya Mujahidin Kota Pontianak, Kalimantan Barat). Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang Volume : 4 No 1 Tahun 2020.

Kusumastuti, Widayani, Mulyanto, & Fahmi. (2019). Pemanfaatan Posdaya Masjid Baitussalam sebagai Pusat Pengolahan Sari Buah Markisa di Dusun Robyong, Desa Wonomulyo, Kabupaten Malang. Agrokreatif, Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 5 (2) Juni 2019.

Makmun dan Huda .(2020). politisasi masjid perspektif fiqh siyasah: studi terhadap takmir masjid di Kota Surabaya. Jurnal Politik Profetik Volume 7, No. 1 Tahun 2019.

Noor, Agus Hasbi. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Jurnal Empowerment. Volume 3, Nomor 1 Februari 2015, ISSN No. 2252-4738

Ramadhan A, Idaul Hasanah & Rahmad Hakim.(2019). Potret Masjid Sebagai Basis Pemberdayaan Ekonomi Umat. Iqitishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 4, No. 1 (Maret 2019), pp. 31-49.

Siskandar dan Yani, Ahmad. (2020). Optimalisasi Fungsi Masjid Untuk Keaktifan Mahasiswa. Alim Journal of Islamic Educatioan. Volume 2 (1), 2020

Susanto, Dedy. (2015). Penguatan Manajemen Masjid Darussalam Di Wilayah RW IV Kelurahan Banjardowo Kecamatan Genuk Kota Semarang. Journal DIMAS – Volume 15, Nomor 1, Oktober 2015 , 15(5), 175–206.

Syaifur Rohman, M., Saraswati, Galuh W dan Sriwinarsih .(2020). Pengembangan Media Komunikasi Digital Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang Melalui Pemetaan Masjid Berbasis Android Untuk Meningkatkan Integrasi Informasi Organisasi. Abdimasku Jurnal Pengembangan Masyarakat Vol. 3, No. 1, Januari 2020: 36-41

Undang Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widodo, Anton dan Fathurohman. 2019. Dakwah Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Khabar Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol. 1, No. 01. Desember 2019. DOI: https://doi.org/10.37092/khabar.v1i1.120

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

PEMBERDAYAAN JAMAAH MELALUI PENDIDIKAN LIFE SKILLS PADA MASJID AL-ANWAR GONDANG WONOSOBO. (2021). Penamas, 34(1), 23-42. https://doi.org/10.31330/penamas.v34i1.396