IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU DI KALANGAN NU

Authors

  • Zakiyah Zakiyah Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Kementerian Agama Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v34i1.435

Keywords:

Islamic education teaching, Integrated Islamic School, Syakur Al Marzuki

Abstract

 

Artikel ini membahas tema pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Syakur Al Marzuki yang berada di desa Nglingi Bareng Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Topik ini penting dikaji karena PAI merupakan mata pelajaran wajib yang harus diberikan kepada peserta didik dan pada saat yang sama dalam beberapa tahun terakhir perkembangan sekolah-sekolah dengan label Islam Terpadu (IT) semakin berkembang dan bermunculan, tidak saja sekolah yang masuk ke dalam jaringan Sekolah Islam Terpadu (SIT), namun juga sekolah yang berafiliasi dengan organisasi Islam seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) membuka sekolah dengan model ini, salah satunya adalah SMP IT Syakur Al Marzuki yang berafilisasi dengan NU. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada tahun 2018. Adapun data dikumpulkan dengan beberapa metode meliputi wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa SMP IT Syakur Al Marzuki melaksanakan PAI pada proses pembelajaran di dalam kelas dan melalui pembiasaan ibadah, serta perilaku. Meskipun berlabel IT, sekolah ini menyasar anak-anak dari keluarga menengah ke bawah  di wilayah sekitar sekolah ini untuk dapat melanjutkan belajar dengan biaya murah dan gratis, serta mendapatkan pendidikan agama Islam secara komprehensif. Sekolah ini juga mempunyai program unggulan “tahfiz” dan menyediakan pesantren untuk siswa-siswinya.

References

Bakar, Asnandar Abu. 2019. Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Kurikulum SMP Islam Terpadu Al Fahmi Palu.†Jurnal Al-Qalam, 25 (1) :119-133.

Isnanto, Muh. 2019. Meneropong Dinamika Implementasi Pendidikan Agama Islam di SMP IT Qurrota Ayun Ponorogo Jawa Timur. Dalam Muzayanah, Umi dan Wahab. 2019. Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Munawaroh, Siti Masruroh dan Aly, Abdullah dan Ariyanto, Darojat. 2015. Pendidikan Karakter Bebasis Potensi Diri di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. University Research Colloquium 2015, ISSN 2407-9189.

Muzayanah, Umi dan Wahab. 2019. Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Pratiwi, Esti Rahmah. 2017. Pengaruh Hidden Curriculum terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMP IT Masjid Syuhada™ Kotabaru Yogyakarta Jurnal Pendidikan Agama Islam, XIV(2): 233 “ 248. DOI : 10.14421/jpai.2017.142-04

Raafi, Rakhmat. 2018. Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ihsnaul Fikri Kota Magelang. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA).

Soemanto. 2014. Pendidikan Agama Islam Terpadu Pada SMPIT Bina Umat Yogyakarta. Jurnal Edukasi, 12 (2): 247-260

Wahab. 2019. Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada SMPIT Ar Raihan Bantul dan SMPIT Masjid Syuhada Kota Yogyakarta. Dalam Muzayanah, Umi dan Wahab. 2019. Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU DI KALANGAN NU. (2021). Penamas, 34(1), 143-160. https://doi.org/10.31330/penamas.v34i1.435