MODEL PENDIDIKAN MUALLAF (STUDI KASUS: PESANTREN PEMBINAAN MUALLAF YAYASAN AN-NABA CENTER INDONESIA)

Authors

  • Sapiudin Sapiudin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hidayatus Syarifah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.497

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Muallaf, Pesantren Muallaf, Pesantren Muallaf, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan untuk muallaf belum memiliki model pembelajaran yang efektif. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan model pendidikan muallaf melalui sistem pembelajaran pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-naturalistik. Melalui triangulasi teknik pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan temuan penelitian bahwa model pembelajaran PAI di pesantren muallaf sudah memiliki konsep pembelajaran komplementer,yang memadukan sistem pembelajaran konvensional dan modern. Santri yang berumur lintas usia mendapatkan pembinaan untuk menempuh pendidikan dengan pendekatan multi metode berbasis scientific dengan tambahan hidden kurikulum berupa ilmu kristologi dan muḥaá¸arah. Dengan sistem penilaian yang membebaskan nilai rapor, pembelajaran dinilai berjalan efektif dan menghasilkan output sesuai harapan, yakni terbinanya pengembangan kompetensi santri dan lulusan yang kompeten.

References

Al-‘Amari, Abi Su’ud Muhammad bin Muhammad. tt. Tafsir Abi Su’ud. Beirut, Lebanon. Juz. 3.
Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam; Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian
Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet. 2.
Amri, Sofan. 2010. Proses Pembelajaran. Jakarta. Prestasi Pustakaraya.
Arifin, Bambang Syamsul. 2008. Psikologi Agama. Bandung. Pustaka Setia.
Arifin. 2003. Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner.
Edisi Revisi. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Aziz, Ali. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta. Kencana Prenada Media Group. Edisi Revisi. Cet. 2.
Departemen Pendidikan Nasional. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. PT Gramedia Pustaka
Utama. Cet. 10. Edisi IV.
Al-Khawarizmi, Abi Qasim J. Muhammad bin Umah az-Zamakhsyari. 1972. Al-Kasyaf.
Haq, Hamka. 2009. Islam: Rahmah untuk Bangsa. Jakarta. RMBOOKS. Rakyat Merdeka Group.
Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.
Herlianti, Yanti. 2015. Pembelajaran Tematik; Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik
untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. UIN Press.
Jauhari, al-Hakim Syeikh Ṭaḍawi. tt. Al-Jawaḥir: Fī Tafsir al-Qur’ānul Karīm. Dar El Fikr.
Mahfud, Rois. 2011. Al-Islam; Pendidikan Agama Islam. Jakarta. Erlangga.
Al-Maraghi, Musthafa. 1987. Terjemah Tafsir Al-Maraghi. Semarang. Toha Putra. Jilid 10.
Mardia. 2015. Perencanaan Kurikulum PTKI (Teori dan Praktik). Yogyakarta. The Phinisi Press.Cet. 1.
Mas’ud, Abdurrahman. 2002. Menggagas Pendidikan Islam Non Dikotomik, Humanisme Religius Sebagai
Paradima Pendidikan Islam. Yogyakarta. Gema Media.
Mufarokah, Anissatul. 2013. Strategi dan Model-Model Pembelajaran. Tulungagung. STAIN Tulungagung
Press.
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada Press.
Nasution, Harun. 1993. Ensiklopedi Islam di Indonesia. Jakarta. Depag. Jilid 2.
Nata, Abudin. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. Kencana Prenada Group. Cet. 2.
Al-Qurthubi, Syaikh Imam. 2008. Tafsir al-Qurṭubi (Terj. Al-Jami’ li Aḥkam al-Qur’ān). Jakarta. Pustaka
Azzam.
Sabiq, Sayyid. 1994. Terjemah Fikih Sunnah. Bandung. Al-Ma'arif. Jilid 3.
Sabri, M. Alisuf. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Pedoman Ilmu Jaya. Cet. 4.
Sharp, John dkk. 2006. Education Studies; an Issues-Based Approach. Southernhay East. Learning
Matters Ltd.
Saleh, Asrorun Ni’am. 2006. Reorientasi Pendidikan Islam; Mengurai Relevansi Konsep al-Ghazali dalam
Konteks Kekinian. Jakarta. eLSAS. Cet. 3.
Stringer, Ernest T. dkk. 2010. Integrating Teaching, Learning, and Action Research: Enhancing Instruction
in the K-12 Classroom. California. SAGE Publications, Inc.
Sutrisno dan Suyatno. 2015. Pendidikan Islam di Era Peradaban Modern. Jakarta. Kencana.
Tafsir, Ahmad. 2014. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. Cet. 11.
_____. 2009. Materi Pendidikan Agama Islam. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. Cet. IV.
_____. 2007. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. Cet. 9.
Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. 2008. Tafsir aṭ-Ṭabari (Terj. Jami’ al-Bayān an Ta’wil Ayi
al-Qur’ān). Jakarta. Pustaka Azzam.
Tim Penyusun. 1993. Al-Muntakhab fī Tafsir Al-Qur'anul Karim. Arab.
Uhbiyati, Nur. 1997. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung. CV. Pustaka Setia. Cet. 1.
Winch, Christoper dan John Gingell. 2008. Philosophy of Education; the Key Concepts Second Edition.
New York. Routledge.
Zarkasyi, Abdullah Syukri. 2005. Gontor & Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta. PT. RajaGrafindo
Persada.
Hakim, Ramlah. 2013. "Pola Pembinaan Muallaf di Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan (The
Pattern of Muslim Convert Guidance in Sidrap Regency, South Sulawesi Province)". Jurnal “Al-Qalam”
Volume 19 Nomor 1 Juni, 85-96
Hodson, Derek. 1996. "Laboratory Work as Scientific Method: Three Decades of Confusion and Distortion".
Journal Curriculum Studies. Vol. 28, No. 2, 115-135.
Irman. tt. "Dinamika Kehidupan Muallaf dan Dakwah Pendekatan Konseling Islam di Kabupaten
Kepulauan Mentawai Sumatera Barat". Conference Proceedings. AICIS XII, 1150-1164.
Irwan dkk. 2015. "Penerimaan Penggunaan Istilah Muallaf dalam Kalangan Muallaf di Malaysia". Jurnal
Infad. Vol. 6, 111-134.
Kadi, Wadad. 2006. "Education in Islam–Myths and Truths". Jurnal Comparative Education Review. Vol.
50, No. 3, August, 311-324.
Majid, Mariam Abd., dkk. 2016. "The Conversion of Muallaf to Islamin Selangor: Study on Behavior and
Encouragement". Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol. 7, No. 3, S 1, May, 19-26.
Said, Muhammad Isa dkk. 2016. "The Scientific Approach-Based Cooperative Learning Tool for Vocational
Students Vocation Program of Autotronic (Automotive Electronic) Engineering IOSR". Journal of
Research & Method in Education (IOSR-JRME). e-ISSN: 2320 7388, p-ISSN: 2320–737X, Volume 6,
Issue 3 Ver. IV (May. - Jun. 2016), 67-73.
Tang, Xiaowei, dkk. 2010. "The Scientific Method and Scientific Inquiry: Tensions in Teaching and
Learning". Journal of Wiley Periodicals, Inc. Sci Ed 94: 29-47.
Yudha, Ansfiksia Eka Poetra. 2016. "Muallaf Center Design as an implementation of Psychological and
Economical Effect for Muallaf in Malaysia". Journal of Islamic Architecture. Vol 4, No. 1, June, 37-43.
Nuthpaturahman. 2017. "Pendidikan Agama Islam bagi Muallaf pada basecamp Meratus di Kaki
Pegunungan Meratus Desa Cabai Patikalain Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah".
Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin.
Badan Pusat Statistik. Online. Diakses pada Minggu, 15 Januari 2017. (http://www.bps.go.id)
Jamilah, Shobariyah. (2015). Metode Tilawati Ajarkan Al-Qur'an dengan Seni. Online. Diposting dalam
MirajNews, Islamic News Agency. Diakses pada Minggu, 18 Juni 2017. (https://www.google.co.id/
amp/mirajnews.com/2015/08/metode-tilawati-ajarkan-Al-Qur'an-dengan-seni.html/amp).
Republika. (2014). HBMI: Pembinaan Muallaf Belum Profesional. Republika Online. Diposting pada Rabu,
19 November 2014, 18:10 WIB. Diakses pada Sabtu, 19 Februari 2017. (http://www.republika.co.id/
berita/dunia-islam/muallaf/14/11/19/nfa9p7-hbmi-pembinaan-muallaf-belum-profesional).
Republika. (2017). Lima Tahun Terakhir Ada 10 Ribu Orang Masuk Islam. Republika Online. Diposting
pada Rabu , 01 Februari 2017, 23:22 WIB. Diakses pada Sabtu, 19 Februari 2017. (http://khazanah.
republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-Nusantara/17/02/01/okpetz394-lima-tahun-terakhirada-10-ribu-orang-masuk-islam).
Republika. (2015). Menag Sambut Baik Pembentukan Lembaga Muallaf. Republika Online. Diposting
pada Jumat , 27 Februari 2015, 16:15 WIB. Diakses pada Sabtu, 19 Februari 2017. (http://
khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/muallaf/15/02/27/nkfb1h-menag-sambut-baikpembentukan-lembaga-muallaf).
Republika. (2015). Pola Pembinaan Pesantren Muallaf Annaba Center Jadi Contoh. Republika Online.
Diposting pada Kamis , 05 February 2015, 15:06 WIB. Diakses pada Minggu, 12 Juni 2017.
(http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/muallaf/15/02/05/njah79-pola-pembinaanpesantren-muallaf-annaba-center-jadi-contoh).

Published

2021-07-23

How to Cite

MODEL PENDIDIKAN MUALLAF (STUDI KASUS: PESANTREN PEMBINAAN MUALLAF YAYASAN AN-NABA CENTER INDONESIA). (2021). Penamas, 31(1), 83-106. https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.497