NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM TRADISI LISAN TADUT DI KOTA PAGAR ALAM – SUMATERA SELATAN

Authors

  • Zulkarnain Yani

Keywords:

Religious Values, Oral Traditions, PagarAlam, Tadut

Abstract

Tulisan ini menyajikan hasil penelitian yang dilakukan di Kota Pagar Alam - Sumatera Selatan dengan mengangkat salah satu tradisi lisan yang masih ada di masyarakat, yaitu Tadut. Tulisan ini memfokuskan kajian pada nilai-nilai keagamaan apa saja yang disampaikan kepada masyarakat melalui Tadut. Kajian ini bertujuan untuk mengungkap dan menyampaikan nilai-nilai keagamaan yang disampaikan dalam bait-bait Tadut dan bisa menjadi pedoman bagi masyarakat dalam melaksanakan keyakinan sehari-hari. Dengan menggunakan metode kualitatif, hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa tradisi lisan tadut ini memiliki nilai-nilai keagamaan, yaitu nilai-nilai ketauhidan dalam agama Islam berupa rukun Iman dan nilai-nilai ajaran Islam berupa rukun Islam. Rukun Iman dan rukun Islam merupakan pondasi beragama bagi masyarakat Besemah di dalam menjalankan ajaran dan ibadah.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Keagamaan, Tradisi lisan, Pagar Alam, Tadut

References

Buku :
Al-Lintani dkk., Vebri. 2014. Sastra Tutur Sumatera Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin. Palembang: Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Selatan.
Al-Ra’uf, Thohlon Abd. 2015. Jagat Besemah Lebar Semende Panjang. Sumatera Selatan; Simpul Jaringan Ummat Institut.
Bedur dkk, Marzuki. 2007. Sejarah Besemah: Dari Lampik Empat Merdike Due, Sindang Merdike ke Kota Perjuangan. Pagar Alam: TP.
Geertz, Clifford. 1973. The Interpretation of Culture. New York: Basic Book, Inc Publishers.
Howell dkk, Nancy R. 2003. Encyclopedia of Science and Religion. New York: MacMillan Reference USA.
Istiqomah, Riski Alita. 2016. “Model Penanaman Nilai Religius Melalui Kesenian Tadut pada Masyarakat Besemah di Pagar Alam Sumatera Selatan”. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Irwanto, Dedi. 2012. “Kendala dan Alternatif Penggunaan Tradisi Lisan dalam Penulisan Sejarah Lokal di Sumatera Selatan”. Dalam, Jurnal Forum Sosial, Volume. V, No. 02, September 2012. Palembang: Universitas Sriwidjaya.
Jamhari dan Hariadi. 2014. Identitas Kultural Orang Besemah di Pagar Alam. Padang: BPNB Padang.
Korver, A. P.E. 1985. Sarekat Islam Gerakan Ratu Adil?. Jakarta: Grafitipers.
Muis, Nurbaya Abdul. “Tadut: Salah Satu Sarana Penyebaran Agama Islam di Daerah Besemah pada Awal Abad ke 20”. Skripsi. FKIP Universitas Sriwidjaya Palembang.
Suan dkk., Ahmad Bastari. 2005. Sejarah Besemah; dari Zaman Megalitikum, Lampik Mmpat Mardike
Duwe, Sindang Mardike ke Kota Perjuangan. Pagar Alam,Pemerintah Kota Pagar Alam.
-----. 2014. Sastra Tutur Sumatera Selatan: Sastra Tutur Besemah. Palembang: Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.
Simatupang, Lono. 2013. Pergelaran: Sebuah Mozaik Penelitian Seni-Budaya. Yogyakarta: Jalasutra.
Smith, Wilfred C. 2004. Memburu Makna Agama. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Tim Penyusun. 2007. Kompilasi Sastra Tutur Sumatera Selatan. Palembang: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.
-----. 2008. Kompilasi Sastra Tutur Sumatera Selatan. Palembang; Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.
-----. 2012. Cerita Rakyat dan Sastra Tutur Sumatera Selatan. Palembang: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.
Tim Penyusun 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Wignjosoebroto, Soetandyo. 2006. “Norma dan Nilai Sosial.” Dalam, Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Diedit oleh J. Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto. Jakarta: Kencana.

Internet:
Pemerintah Kabupaten Pagar Alam. 2016. “Sekilas Tentang Kota Pagar Alam”. http://humas.pagaralamkota.go.id/index.php/home/statis/halaman/1. Diakses tanggal 4 Maret.
Herpansi, Yudi. 2016. “Jagat Besemah: Satu Periode dalam Sejarah Besemah”, https://yherpansi.wordpress.com/2009/11/06/19/#more-19, Diakses tanggal 7 Maret.
Kahar, Reza. 2016. “Sejarah Mudzakarah Ulama Abad ke-17”, https://rezakahar.wordpress.com/semendo/. Diakses tanggal 11.
Octaviany, Linny. 2016. “Cerita Puyang Sumatera Selatan”, http://kampoengilir.blogspot.co.id/2008/12/cerita-puyang-sumatera-selatan.html, diakses tanggal 4 Maret.
"Sekilah Sejarah Besemah”. http://Besemah.blogspot.co.id/2007/06/sekilas-sejarah-Besemah.html, diakses tanggal 11 Maret.
Sudarmanto, Budi Agung. 2016. “Rejung dan Guritan; Revitalisasi Sastra Lisan Sebagai Upaya Pemertahanan Bahasa Daerah”, https://agungbebe.wordpress.com/2016/02/17/first-blog-post/, diakses 11 Maret

Published

2017-08-31

How to Cite

NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM TRADISI LISAN TADUT DI KOTA PAGAR ALAM – SUMATERA SELATAN. (2017). Penamas, 30(1), 71-84. https://penamas.kemenag.go.id/index.php/penamas/article/view/132