KESIAPAN LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNTUK MENCETAK CALON PENDIDIK PROFESIONAL:
STUDI DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH
Keywords:
UIN Syarif Hidayatullah, Pre-Service Training, ReadinessAbstract
Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang kesiapan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk mencetak calon pendidik profesional melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Penelitian ini mengunakan pendekatan mix method (metode kombinasi) untuk mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa secara umum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah siap menyelenggarakan program PPG Prajabatan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 87 Tahun 2013. Indeks kesiapan FITK secara umum mencapai 2,96 dalam kategori cukup siap. Aspek yang mendapatkan indeks tertinggi adalah sumber daya manusia dan dosen pembimbing dengan indeks masing-masing pada angka 3,29. Sedangkan indeks paling rendah terdapat pada aspek asrama (2,20). Penelitian ini merekomendasikan, bahwa: Pertama, lembaga perlu mengoptimalkan gugus penjaminan mutu Fakultas sebagai upaya internal untuk meningkatkan mutu LPTK. Kedua, lembaga perlu menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, seperti laboratorium microteaching dan asrama yang memadai untuk menyelenggarakan PPG Prajabatan yang efektif.
Kata Kunci: UIN Syarif Hidayatullah, PPG Prajabatan, Kesiapan
References
Unimed, Vol.6 No.1 Juni 2009.
Chotimah, Umi. 2009. “Peranan LPTK dalam Mewujudkan Guru yang Profesional.” Makalah, disampaikan pada kegiatan Seminar Nasional Pendidikan di Palembang tanggal 14 Mei 2009.
Creswell, Jhon S. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Efferi, Adri. 2015. “Model Pendidikan Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Dalam, Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3, No. 2.
Hermawan, Sigit dan Ety Nur Zunaida. 2013. “Analisis Kesiapan dan Pelaksanaan Perkuliahan Akuntansi Berbasis Konvergensi International Financial Reporting Standarts (Ifrs). Dalam, Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol. 1 No. 4, Tahun 2013. ISSN 2089-7952.
Juangsih, Juju. “Peran LPTK dalam Menghasilkan Guru yang Profesional”. Dalam, Wahana Didaktika Vol. 12 No. 2 Mei 2014.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. RemajaRosda Karya
-----. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. RemajaRosda Karya Nurdin, Syafruddin. 2005. Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching.
Orlansky, Hammon and Horowitz, 1997. “Indicators of Training Readiness,” Institute for Defense Analysis Virginia, IDA Paper P-3283.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sofyan, Ahmad. 2015. “Penyiapan Calon Guru (Pengalaman Empirik FITK UIN Jakarta)”. Dalam, Redesain Pendidikan Guru; Teori, Kebijakan dan Praktik. Editor Jejen Musfah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tim Penyusun, 2015. Pedoman Akademik Program Strata 1Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta2015/2016. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Wibawa, Sutrisna. 2016. “Pengembangan LPTK dan PPG”. Makalah. Rakornas Asosiasi LPTK PTN, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Selasa 2 Januari 2016.
Peraturan Perundang-Undangan:
Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Nomor 224/P/2011 tentang Penetapan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Penyelenggara Pendidikan Guru Bagi Guru dalam Jabatan di Lingkungan Kementerian Agama.
Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Nomor 128/P/2013 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Guru Bagi Guru dalam Jabatan.
Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2016 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Guru Bagi Guru dalam Jabatan.
Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru dalam
Jabatan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 10 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Bagi Guru dalam Jabatan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 9 Tahun 2010 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Bagi Guru dalam Jabatan.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 26 Tahun 2015 tentang Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Internet:
http://www.uinjkt.ac.id/id/inilah-spesifikasi-gedung-lptk/ diunduh tanggal 16 November 2016.
http://www.uinjkt.ac.id/uin-jakarta-ptkin-pertama-disertifikasi-aun-qa/ diunduh tanggal 6 Januari 2017.
http://www.uinjkt.ac.id/peringkat-unirank-uin-jakarta-tempati-ranking-tertinggi-ptkin/diunduh tanggal 3 Agustus 2017.